Inilah 6 maskapai penerbangan murah di Indonesia

2 Aug 2010

Apakah anda sering naik Lion Air, Wings Air, Air Asia, Dirgantara Air Service, Travia Air dan Mandala Air ? Beruntunglah anda. Karena secara resmi ke 6 maskapai penerbangan tersebut telah mengindentifikasikan sebagai penerbangan berbiaya rendah ( low cost carier). Mungkin yang anda kenal cuma Lion Air, Wings Air, Air Asia dan Mandala Air. Untuk 2 lainnya mungkin anda baru tahu sekarang, seperti halnya saya. Tarif maksimal dari 6 maskapai penerbangan tersebut adalah 85% dari tarif jarak maksimum.

Hanya garuda Indonesia yang menetapkan dirinya sebagai maskapai yg memberlakukan full service, artinya dia bisa menjual tiket dengan harga 100% dari tarif jarak maksimum. Sebagai contoh, Garuda boleh menetapkan tarif kelas ekonomi Jakarta-Yogyakarta sebesar Rp 967.000,- sedangkan utk low cost carier (6 maskapai penerbangan di atas) tiket termahal hanya boleh dijual seharga Rp 821.950,-.

Selain full serice dan low cost carier, ada juga penerbangan yang berada dalam medium service. Artinya tarif maksimum yg diperbolehkan adalah 90% dari tarif jarak maksimum. Pada kelompok medium service ini diantaranya Batavia Air, Merpati, Sriwijaya Air, Trigana Air, Express air dan lain sebagainya.

Dengan adanya perbedaan seperti ini, tentu masyarakat disediakan banyak pilihan dan fasilitas/service yg tersedia juga tergantung dari apakah mereka masuk dalam kategori tarif rendah, sedang atau full. Semua terserah kita dan yg paling penting, boleh saja murah tapi tidak boleh murahan.


TAGS penerbangan murah penerbangan murah di Indonesia 6 maskapai penerbangan murah tiket penerbangan murah enam maskapai berbiaya rendah


-

Author

Follow Me